Cara Menggugurkan Kandungan yang Aman oleh Dokter Spesialis

Cara Menggugurkan Kandungan
Indonesia yang semakin "kebarat-baratan" membuat kita harus semakin waspada menghadapi perkembangannya. Waspada dalam menghadapi segala godaan-godaan salah satunya adalah godaan terhadap hawa nafsu. Hawa nafsu ini adalah problem yang paling sulit bagi setiap manusia. Wanita yang hamil diluar nikah semakin bertambah saja, baik di perdesaan maupun masyarakat perkotaan. Mereka yang hamil diluar nikah cenderung tertutup dan malu untuk memberitahukan kepada orang terdekat/orang lain. Inilah yang menyebabkan wanita tersebut mencari cara menggugurkan kandungan secara sendiri.

Ada beberapa pilihan cara menggugurkan kandungan secara sendiri misalnya :

  • dengan obat aborsi (aborsi medis)
  • dengan jamu
  • dengan makanan
  • dengan minuman
  • atau bahkan memukul-mukul perut
Semua cara di atas adalah cara alternatif, dan tidak semua cara alternatif adalah yang terbaik. Anda bisa saja menggunakan salah satu dari cara menggugurkan kandungan seperti poin-poin diatas tetapi cara tersebut hanya menimbulkan masalah baru.

Mengapa?

Jika pemakaian obat, jamu, makanan dan minuman atau bahkan memukul-mukul perut berhasil menggugurkan kandungan anda. Itu hanya sebatas "membunuh" janin! tidak menyelesaikan masalah tentunya. Lalu bagaimanakah cara menggugurkan kandungan dengan selamat dan tuntas?

Ya.. kita sudah mengetahui jawabannya yaitu dengan bantuan Dokter spesialis aborsi (dr. Sp.OG). Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi bisa kita temukan dirumah sakit maupun praktik-praktik di klinik. Namun syarat yang diperlukan untuk melakukan aborsi di Indonesia cukup sulit walaupun sepertinya ada juga klinik yang tidak memperdulikan persyaratan yang tertera dalam aturan hukum di Indonesia seperti :

  1. Harus berdasarkan alasan medis. Contohnya : rahim yang sangat lemah dan beresiko
  2. Sudah Menikah
  3. Korban Pemerkosaan

Itu syarat yang harus dimiliki untuk melakukan aborsi di Indonesia.

kuretase.com merupakan salah satu website terpercaya yang bisa anda jadikan referensi untuk menggugurkan kandungan. Dengan penanganan oleh dokter spesialis yang berpengalaman menjadikan tindakan aborsi anda terjamin. Klinik aborsi tersebut berada di Jakarta Pusat. Pengguguran kandungan dengan prosedur medis akan jauh lebih aman daripada anda mempercayakan aborsi kepada bidan atau dukun beranak.

Hati-hati dengan situs-situs aborsi di internet

Diluar sana begitu banyak website-website klinik aborsi / para calo aborsi yang tidak bertanggung jawab mencantumkan dokter-dokter palsu yang mana mereka memberian nama-nama dokter secara sembarangan. Apabila kita telusuri nama dokter tersebut tidak ada dan hanya "fiktif belaka". Berdasarkan informasi yang didapat mereka mengirimkan anda kepada bidan atau dukun beranak. Itu akan sangat membahayakan keselamatan anda untuk jangka panjang kedepan.

Berikut ini adalah cara menggugurkan kandungan dengan tuntas dan aman berdasarkan standar prosedur medis :

  • Metode vakum/penyedotan (suction curretage)
"Ini merupakan cara menggugurkan kandungan untuk 1, 2 dan 3 bulan usia kandungan. Aborsi dilakukan dengan metode penyedotan. Karena janin masih dalam bentuk gumpalan darah, teknik vakum inilah yang banyak dilakukan oleh dokter khususnya dokter spesialis kandungan untuk aborsi kehamilan usia dini. Selain lebih aman dan hampir tanpa ada resiko/efek samping, cara aborsi ini lebih cepat selesai hanya dalam waktu 5-10 menit. Pada metode ini pasien diberikan anestesi atau bius lokal. Walau terlihat simpel, dibutuhkan tenaga dokter spesialis kandungan yang telah berpengalaman untuk melakukannya."

  • Metode Dilatasi (D&C)
"Cara menggugurkan kandungan untuk usia 4, 5, 6, 7 bahkan 8 bulan. Pada usia kehamilan yang besar ini proses aborsi yang dilakukan tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding suction curretage. Aborsi ini dilakukan dengan metode seperti lahiran normal/partus dan tentunya pasien dengan kesadaran penuh. Metode ini tidak seperti operasi yang mengharuskan puasa terlebih dahulu sebelum tindakan."

Perlu ditekankan, kedua cara menggugurkan kandungan diatas tidak melalui proses pembedahan/pengrobekan seperti cesar. Cara aborsi dilakukan dengan menggunakan pipet kecil (alat ini dinamakan kanula) melalui mulut rahim.

Melihat proses diatas tentu anda pasti memilih cara aborsi dengan vakum atau penyedotan. Metode aborsi dengan vakum sangat minim resiko asal ditangani oleh dokter spesialis yang berpengalaman dan handal. Bahkan resiko persalinan/melahirkan cesar lebih tinggi resikonya dibanding vakum aspirasi ini. Pada usia dini janin belum terbentuk, dengan kata lain janin masih dalam gumpalan darah sehingga cara menggugurkan dengan vakum adalah yang paling efektif. Berbeda dengan usia kandungan diatas 3 bulan, janin sudah mulai terbentuk dan dibutuhkan metode kuret untuk mengeluarkan janin tersebut.